>NESTLE<


Tinjauan Desain Satu
Dosen Pembimbing : ENRICO HALIM

Nama Kelompok
Fransisca :: 625070003
Elvinawati :: 625070008
Shirley Gan :: 625070014
Yunita Lunardi :: 625070022
Angie :: 625070041

UNIVERSITAS TARUMANAGARA
2008/2009


>Data Teknis Papan Iklan Enamel<>Tinjauan<>Tinjauan<>Tinjauan<>Kesimpulan<
Kelompok kami membahas tentang enamel nestle. Namun yang kami dapat data-data sejarah Nestle.diantaranya adalah pendiri nestle, perkembangan perusahaan,pergantian nama Nestle.produk nestle,Nestle di Indonesia.Proses kami dalam meneliti data adalah 2 minggu.Dengan berbagai sumber kami dapatkan diantaranya
perusahaan Nestle yang di Jakarta,perpustakaan Nasional dan Arsip nasional,
dan sumber yang paling kami temukan dari website google dan Nestle. “Nestlé” berarti sarang burung kecil (little nest). Logo itu menjadi lambang rasa aman, kasih sayang, kekeluargaan dan tradisi. Perusahaan Nestlé terus mengembangkan produk-produknya dan kemudian menjadi pelopor beberapa produk seperti susu kental di Eropa tahun 1905, susu coklat tahun 1929, kopi instant tahun 1938 dan lain-lain.

>Tinjauan<
Temuan Teknik Produksi :
Hand. ADR. Batavia (1609)
Nestle dan Aglo Swiss Condensed Milkl Comp. (Nestanglo).
Vertegenw. Voor Java : A.E Bolt
*Pada tahun 1609 di Batavia, Perusahaan Nestle dan Aglo
Swiss Condensed Milkl Comp. (Nestle) di Jawa
dan diwakilkan oleh A.E Bolt.
HAND. ADR. Semarang (1722)
Nestle dan Aglo Swiss Condensed Milkl Comp.
Agenten : Burt Mytrle & Co. Vertegenwoordiger : H.S. Banner
*Pada tahun 1722, didirikan Agent Burt Mytrle &
Co. Vertegenwoordiger (Nestle) di Semarang
diwakilkan oleh H.S. Banner
HAND. ADR. Soerabaja (1758)
Nestle dan Aglo Swiss Condensed Milkl Co. (Nestanglo)
Vertegenwoordiger : ………..I [2]
HAND. ADR. Soerabaja (1779)
Nestle dan Aglo Swiss Condensed Milkl Co. (Nestanglo)
Sumber : Handboek Voor cultuur-en
Handelsondernemingen in Nederlandsch-indie taon 1929,
pengarang ALLE BANKZAKEN

>Tinjauan<
Temuan Sejarah Produk :
Tidak jelas kapan Henri Nestlé mulai mengerjakan proyek
susu bayi, namun minatnya didorong oleh sejumlah faktor:
•Tingginya tingkat kematian dalam keluarganya.Setengah dari 14 anak
meninggal dunia sebelum mencapai usia dewasa.
•Latar belakangnya sebagai seorang asisten ahli farmasi.
•Istrinya yang tahu benar tentang kematian balita karena
ayahnya seorang dokter yang banyak membantu orang
miskin.
Henri Nestlé mencampurkan susu sapi dengan tepung gandum dan gula
untuk menghasilkan substistusi susu ibu bagi anak-anak yang tidak dapat
disusui. Selain itu,Henri Nestlé dan Jean Balthasar Schnetzler, sahabatnya
dan seorang ilmuwan dalam nutrisi manusia, menyingkirkan asam dan kanji
dari tepung gandum karena bayi sulit mencernanya. Produk ini dapat
dipersiapkan hanya dengan menambahkan air dan dianggap sebagai
makanan bayi pertama. Orang dengan segera mengakui nilai produk yang
baru ini, dan segera, Farine Lactée Henri Nestlé (Tepung Susu Henri Nestlé
dalam bahasa Perancis) dijual di berbagai bagian Eropa.
Pada 1870-an, Makanan bayi Nestle, yang dibuat dari malt,
susu sapi, gula, dan tepung gandum, dijual di AS dengan
harga $0,50 per botol.

Gaya yang dipakai oleh papan iklannya :
Gaya aliran berdasarkan munculnya enamel Nestle ini yaitu pada tahun 1920an.. ketika Nestle muncul di negara asal nya yaitu di Swiss, Belanda.
Pendekatan yang terkait dalam papan enamel nestle yaitu dengan berdasarkan aliran Art Deco. Art deco, dalam pengertian tertentu adalah gabungan dari berbagai gaya dan gerakan pada awal abad ke-20, termasuk Konstruksionisme, Kubisme, Modernisme,
Bauhaus, Art Nouveau, dan Futurisme. Art Deco adalah sebuah gaya yang popular pada tahun 1920 hingga 1939, banyak digunakan pada desain arsitektur , desain industri, desain interior, lukisan, seni grafis dan film. Nama Art Deco berasal dari pameran yang berjudul Paris exposition des Art Decoratifs et industries pada tahun 1925 di Perancis.
Popularitas Art Deco memuncak pada 1920-an, meskipun banyak gerakan desain mempunyai akar atau maksud politik atau filsafati, Art Deco murni bersifat dekoratif.
Pada masa itu, gaya ini dianggap anggun, fungsional, dan ultra modern.
Ornamen yang digunakan dalam papan enamel Nestle ini cenderung lebih beratuan dan banyak menggunakan garis-garis lurus atau persegi (rectilinear).
Di Swiss gaya Art Deco merupakan asimilasi antara gaya Art Deco Perancis Yang romantic dan gaya Art deco Jerman yang menghasilkan gaya khas Swiss. Di negara-negara seperti Italia, Inggris dan Amerika gaya Art Deco pun bayak digemari. Di Amerika gaya Art Deco dipengaruhi oleh ornament-ornamen Indian Amerika Utara ataupun Indian Aztec.

Konteks Penggunaan Papan Enamel :
Istilah ‘enamel’ adalah suatu teknik dekorasi yang meleburkan (to smelt) bubuk kaca diatas lempengan besi-baja bermutu tinggi pada sebuah oven dengan temperatur tinggi. Bubuk tersebut kemudian mengurai hingga menyatu dan menjadi keras. Iklan enamel memiliki ketebalan 2-3 milimeter, dengan karakteristik warna yang sangat kuat serta tahan lama. Pada banyak iklan enamel, warna pada desain ditandai dengan adanya tekstur yang menonjol dan jika dipegang atau diraba akan terasa pembedaan warnanya.
Pembuatan iklan enamel harus dilakukan secara khusus, diawali dengan pengaplikasian
desain menjadi stensil (alat merekam) atau screen per-warna (disesuaikan oleh desain) kemudian disablon ke lempengan besi dengan penggunaan cat bakar atau cat khusus enamel (berbentuk butiran atau cairan) dan dipanaskan dengan tempera

Komparasi gaya pada masanya :
Pada masa muncul nya Nestle seiring juga dengan muncul nya gerakan
aliran seni Art Deco. Art Deco adalah sebuah gerakan desain yang populer dari 1920 hingga 1939 yang memperngaruhi seni dekoratif seperti arsitektur, desain
interior dan desain industri. maupun visual seperti lukisan seni grafis dan film. gerakan ini dalam perngertian tertentu adalah gabungan dari gerakan pada awal abad ke 20, termasuk construtivisme,cubisme,modernisme,bauhaus dan art nouveau. popularitasnnya memuncak pada tahun 1920an. meskipun banyak
gerakan desain mempunyai akar/maksud politik, Art Deco murni bersifat Decoratif. Pada masa itu gaya ini dianggap anggun, fungsional dan ultra-modern.
Bauhaus dibuka pada tahun 1919 di bawah arahan arsitek terkenal Walter
Gropius. Sampai akhirnya harus ditutup pada tahun 1933, Bauhaus memulai suatu pendekatan segar untuk mendisain mengikuti Perang Duni Pertama, dengan
suatu gaya yang dipusatkan pada fungsi bukannya hiasan. Bauhaus lebih mengutamakan kepada pencipataan kepada prinsip-prinsip dasar desain modern,
sedangkan art-deco lebih kepada penerapannya. tetapi kedua nya memiliki
tujuan yang sama, yaitu menjadikan karya desain sebagai milik semua kalangan masyarakat, juga terbatas pada kaum arsitoklat sehingga dalam perkembangannya
sulit dipindahkan pengaruh bauhaus terhadap desain bergaya art-deco. terutama di bidang seni lukis, bidang tekstil, desain furniture dan fashion.


Temuan foto lokasi perdagangan dll..















Foto ini berupa sertifikat yang ada di Kantor Nestl pada saat
kita mengadakan penelitian disana, pada saat kita ingin mewawancara pihak Humas Nestle, tetapi kita tidak mendapat persetujuan untuk diperbolehkan mewawancara/mengetahui informasi lebih lanjut tentang legalitas nestle. sehingga kita sempat mengambil foto sertifikat yang perna diraih Nestle, dan kami menyimpannya sebagai
tanda bukti kita telah kesana, walaupun tidak mendapat hasil sesuai yang kita harapkan.

Awal Nama Nestle:
Sebelum Nestlé mencapai usia 20 tahun pada 1836, ia telah menyelesaikan
masa magangnya selama empat tahun dengan J. E. Stein, seorang pemilik perusahaan farmasi. Pada akhir 1839, ia resmi diberikan hak untuk melakukan percobaan-percobaan kimia, membuat obat-obatan berdasarkan resep, dan menjual obat. Pada masa ini, ia mengganti namanya menjadi Henri Nestlé agar lebih cocok dengan kondisi sosialnya yang baru di Vevey, Swiss.Henri Nestlé mencampurkan susu sapi dengan tepung gandum dan gula untuk menghasilkan substistusi susu ibu bagi anak-anak yang tidak dapat disusui. Selain itu, Henri Nestlé dan Jean Balthasar Schnetzler, sahabatnya dan seorang ilmuwan dalam nutrisi manusia, menyingkirkan
asam dan kanji dari tepung gandum karena bayi sulit mencernanya. Produk ini dapat dipersiapkan hanya dengan menambahkan air dan dianggap sebagai makanan bayi pertama. Orang dengan segera mengakui nilai produk yang baru ini, dan segera, Farine Lactée Henri Nestlé (Tepung Susu Henri Nestlé dalam bahasa Perancis) dijual di berbagai bagian Eropa. Pada 1870-an, Makanan bayi Nestle, yang dibuat dari malt, susu sapi, gula, dan tepung gandum, dijual di AS dengan harga $0,50 per botol. Produk-produk Nestlé telah beredar di Bumi Nusantara sejak akhir Abad ke-19, dimana salah satunya ialah susu kental manis yang dikenal dengan sebutan “Tjap Nona” (sekarang “Nestlé Milkmaid”). Kantor pusat Nestlé di Swiss, Nestlé S.A., bersama sejumlah mitra lokal mendirikan anak perusahaan di Indonesia pada bulan Maret 1971. Saat ini PT.Nestlé Indonesia mengoperasikan tiga pabrik yang berlokasi di daerah Tangerang (Banten), Panjang (Lampung), dan Kejayan (Jawa Timur). Beberapa merek produk Nestlé yang dipasarkan di Indonesia antara lain : susu bubuk Nestlé Dancow, kopi instant Nescafé, Nestlé Milo, Nestlé Bubur Bayi, Kit Kat, Polo, dan lain-lain.
Nestlé Indonesia berkomitmen untuk tetap mengembangkan produk-produk melalui inovasi dan renovasi demi memuaskan kebutuhan konsumennya di seluruh Indonesia.

PROSPEK BISNIS PERUSAHAAN
Berdasarkan model bisnis perusahaan, yaitu dengan menciptakan strategi-strategi penjualan juga menciptakan target konsumen baru, prospek perusahaan Nestle Milo ini sangat baik. Apalagi mengingat situasi pasar (dimana konsumen ataupun masyarakat sangat membutuhkan gizi yang baik dari susu walaupun harga susu yang melambung tinggi, masyarakat tetap membeli susu) yang dapat mempengaruhi
prospek bisnis Milo ini.
Persaingan dalam berbisnis produk susu coklat, sangat bisa mempengaruhi
prospek perusahaan Nestle Milo ini. Apakah perusahaan akan kalah bersaing ataupun mengalahkan pesaing lainnya. Tapi, tentunya perusahaan Nestle Milo ini tetap berada di pasaran. Karena produknya yang enak dan bergizi, produk-produk perusahaan Nestle Milo ini dapat diimport keberbagai Negara dan telah membuka cabangnya hampir disemua Negara. Sehingga Milo hampir tidak bisa disaingi oleh produk susu lain.
Perusahaan Nestle Milo juga mendistribusikan produk-produknya hingga kepelosok-pelosok, hingga bisa dengan mudah didapatkan. Perusahaan juga langsung mendistribusikan produk dan mempromosikan produk langsung ke masyarakat,sehingga masyarakat tertarik mengkonsumsi produk Milo ini. Dan membuat pesaingnya lebih jauh dari Milo.

Proses, temuan, cerita, dll dalam proses peninjauan :
kelompok kami meneliti ke berbagai tempat diantaranya PT nestle yang berada
di jakarta,perpustakaan nasional dan arsip nasional.Pertama kelompok kami pergi
ke PT nestle yang berada di jakarta namun tidak mendapatkan hasil apapun. perjalanan
kita sangat lah panjang ketika meunuju kesana kita naek busway dan dilanjutkan
dengan naik taxi, tetapi sampai di taxi kita juga ditipu dengan argo sopir taxi yang cepat sekali berjalan. hasilnya kita sampai di Kantor Nestle dengan biaya yang berlipat lebih mahal. setelah sampai disana, kita tidak mendapat izin untuk bertemu dan wawancara dengan bagian Kepala Humas nya. dikarenakan adanya peraturan yang telah menetapkan bahwa tidak ada yang boleh mewawancara kecuali bagian dari orang dalam, misalnya seperti kita adalah mahasiswi yang akan ikut magang kantor Nestle. walaupun kita telah membawa surat izin survey dari Universitas.
karena masih belum ada hasil. Akhirnya kami ke perpustakaan nasional di salemba berharap menemukan arsip tentang perusahaan Nestle selama 3 kali. karena hari pertama kami menghabiskan waktu dengan membuat kartu anggota,waktu disana juga sore dan tidak mengetahui tempat yang kami cari, sehingga kami meneliti kembali
pada hari ke berikutnya yang juga tidak mendapatkan hasil. Sangat sulit mencari data yang ingin kita dapatkan. kami sampai 2 kali ke perpustakaan, di perpustakaan kami mendapatkan berbagai sumber yang harus dilihat di microsoft dan kami hanya dapat beberapa sumber dan berbagai bukti, hari terakhir menjelang pengumpulan tugas ini akhirnya kami diberitahu petunjuk dari teman untuk mencoba ke gedung Arsip Nasional di daerah Pejaten. sampai disana, kita mendapat sedikit informasi tentang keberadan Nestle pada tahun 1929, perusahaan itu muncul di kota mana saja. buku itu pun buatan peninggalan masa belanda sehinggga sambil menerjemah kata demi kata itu pun membutuhkan kamus bahasa belanda.
>Sumber/Referensi<
Buku : Handboek Voor cultuur-en Handelsondernemingen in Nederlandsch-indie
Sumber : Handboek Voor cultuur-en Handelsondernemingen in Nederlandsch- indie taon 1929, pengarang ALLE BANKZAKEN
Majalah :
Koran :merdeka th1930
adil 1934
merdeka 1940
Website :
www.nestletempodoeloe.com
www.nestle.com.au.milo/
en.wikipedia.org.wiki.milo

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar